animasi  bergerak gif
My Widget

Minggu, 31 Maret 2013

BERBAGAI MACAM TEHNIK BERMAIN GITAR

Bermain gitar emanx seru,apalagi klo lagi ngumpul sm tmen"..hehe
Di sini g mau posting tentang BERBAGAI MACAM TEHNIK BERMAIN GITAR.
Jangan cuma bsa main doanx,,tp juga hrus tau tehnikny..^^





=INDEPENDENT FINGER
            Jari-jari tangan kiri adalah eksekutor utama penentu 'not apa/nada apa' yang akan dibunyikan (jari menentukan pitch).Melatih gerak, refleks, respon, memori dari jari-jemari adalah mutlak diperlukan demi 'Kemerdekaan Jarii'Kemerdekaan jemari sangat bergantung pada latihan teknik tangan kiri, maka merdekakanlah jari-jemari kita dengan berlatih.
            Urusan teknik tangan kanan (picking dsb) adalah TERSERAH ANDA, kita sedang terfokus pada latihan jemari kiri. Sangat dianjurkan untuk menggunakan teknik 'Alternate Picking' dalam agenda melatih jari-jari kiri ini, juga menggunakan 'Palm Mute'(sering juga disebut 'deep/depth') dan sebaiknya tanpa effect yang berpotensi mengaburkan warna suara, alias dengan sound yg relatif 'Clean' (polos tanpa kosmetik/dengan kosmetik tapi porsinya sedikit).
Note : Idealnya, latihan teknik tangan kiri dan kanan memang harus dilatih secara       terpisah (secara terfokus pada salah satu, satu persatu), walaupun pada praktiknya keduanya tentu tak bisa dipisahkan. Kita hanya memisahkan fokus latihan.   Dengan tetap tertuju pada FOKUS, kita juga bisa melakukan latihan dengan             prinsip 'sambil menyelam minum air' (latihan fingering jemari kiri = menyelam (fokus), sambil latihan variasi picking = minum air (bonus), atau sebaliknya)

=FINGER MOVEMENT
            Arah pergerakan jari-jari kiri pada fretboard secara garis besar di bagi menjadi :
·         Vetical : arah gerakan atas-bawah fretboard
·         Horizontal : arah gerakan kanan-kiri fretboard
·         Diagonal : arah gerakan serong/miring kiri-kanan fretboard

=NOTE PER STRING
            Ada beberapa pendekatan sehubungan dengan 'Berapa banyak not yang ditekan jari kiri/dibunyikan pada senar'. Dalam penjarian kiri hal ini terbagi atas :
·         One note per-string,
·         two notes per-string,
·         three per-string,
·         four notes per-string,
·         five notes per-string, dan seterusnya

=FINGER POSITION
 
            Posisi ideal bagi jari dalam menekan fret dan senar adalah posisi tekan agak ke kanan, yakni posisi (ter)dekat dengan besi fret. Ibu jari menyanggah di belakang fretboard dengan posisi tegak lurus.

=FINGER TIPPING
            Teknik meredam bunyi senar, agar senar yang tidak ingin ditekan/dibunyikan tidak mengeluarkan bunyi (muting). Yakni dengan cara menyentuh senar dengan ujung dari jari yang sedang aktif menekan senar. Jadi, sambil menekan sambil me-mute senar lain. (Dalam Blues, teknik peredaman ini dilakukan dengan ibu jari, seakan-akan 'setengah atau seperempat menekan senar', terutama di senar 4,5,dan 6)

=DAMPING
            Berbeda fungsi dengan teknik muting yang dilakukan dengan ujung jari (finger tip), Damping dItujukan untuk memberi efek artifisial bunyi/memunculkan nuansa ritmik (biasanya dilakukan pada chord). Caranya dengan mengangkat jari/mengendat-ngendat sehingga menimbulkan efek berupa bunyi semacam 'ck, ck, ck'. Teknik ini sangat berhubungan dengan teknik tangan kanan (picking dsb),

=LEGATO PLAYING (hammering)
            Teknik dimana jari-jari kiri menekan fret secara normal seperti biasa, tetapi dengan pola picking yang hemat. 1 kali pick bisa membunyikan lebih dari satu not/nada.
            Legato adalah teknik yang berhubungan dengan 2 not atau lebih, tidak mungkin 1 buah not. Teknik ini sangat bertumpu pada power tangan/jemari kiri. Seperti halnya pendalaman teknik lainnya, teknik ini juga membutuhkan porsi latihan tersendiri/khusus (bisa juga dengan prisnsip sambil menyelam minum air).
Secara nada, teknik legato ini dibagi menjadi dua teknik dasar utama :
·         Hammer on : Legato secara ascending (nada naik)
·         Hammer of (Pull-off) : Legato secara descending (nada turun)

=SLIDING
            Teknik jari meluncur (slide). Layaknya sliding kaki dalam permainan sepakbola.

=HARMONIC
            Selain dengan cara jari menekan fret dengan ujung jari, membunyikan nada juga bisa dilakukan dengan cara lain yaitu : menyentuh senar pada posisi tepat di atas besi fret dengan badan jari, dan langsung segera mengangkatnya ketika nada harmonik sudah berbunyi.
            Dilakukan pada titik-titik/fret-fret tertentu. Efek/nada yang dihasilkanpun terdengar sangat berbeda dengan cara menekan dengan jari seperti pada umumnya. Teknik ini berkaitan erat dengan 'oktaf' dalam tangga nada.

=BENDING
            Cara menaikkan atau menurunkan bunyi not/nada, dengan membengkokkan utasan senar. Teknik ini menjadikan not terdengar lebih artifisial (nada terdengar 'ngeok/liuk'). Pada prinsipnya dilakukan dengan cara menekan secara normal, kemudian menaikkan/menurunkan senar sehingga nada akan terdengar meliuk/melayang, Secara nada dan gerakan jari, ada dua dasar utama dalam teknik ini, yakni bending up dan bending down. Ada berbagai macam variasi dalam teknik ini.

=VIBRATO
            Cara menjadikan bunyi not yang ditekan secara polos menjadi lebih artifisial. Pada prinsipnya dilakukan dengan cara menggerak-gerkan jari sehingga nada terdengar meliuk-liuk dalam liukan yg cepat atau terdengar melayang, tetapi tetap dalam satu pitch nada sebagai acuannya.

=BARRE
            Satu jari menekan lebih dari satu senar. Biasanya ditemukan dalam penjarian chord/arpegio.
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar